LAPORAN PRATIKUM PEMBELAJARAN
TERPADU DI SD
DI SUSUN OLEH:
NAMA : ANDI SATRIO
NIM : 836066831
SEMESTER : III
MASA
REGISTRASI : 2015.2
UNIVERSITAS
TERBUKA
UPBJJ BANDAR
LAMPUNG
POKJAR AMBARAWA
TAHUN 2016
KATA PENGANTAR
Puji syukur
saya ucapkan ke hadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan taufik-Nya
sehingga saya selaku mahasiswa S1 PGSD, Kelompok Belajar Ambarawa, Kabupaten
Pringsewu dapat menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Terpadu ini
sebagai salah satu rangkaian pada mata kuliah Pembelajaran Terpadu di SD
semester III (tiga) masa ujian 2016.2
Laporan ini
merupakan bagian yang tak terpisahkan dari mata kuliah Pembelajaran Terpadu di
SD. Saya dengan segala kerendahan hati menyadari bahwa banyak sekali kekurangan
yang terdapat di dalam penyusunan laporan ini. Maka dari itu saya mohon
bimbingannya demi kebaikan saya di masa-masa yang akan datang.
Selain itu saya juga mengucapkan terima kasih kepada :
1. Bapak
Agus Wahyudi, S.Kom, M.T.I, selaku tutor dan pembimbing praktik pembelajaran
terpadu.
2. Bapak
dan ibu selaku teman sejawat yang selalu memberikan masukan dan penilaian pada
pelaksanaan praktik pembelajaran di SD.
3. Semua
pihak yang tidak dapat saya sebutkan satu persatu.
Demikian sepatah
kata dari saya sebagai pengantar pada laporan ini, semoga laporan ini dapat
bermanfaat bagi diri saya sendiri khususnya dan bagi teman-teman semua pada
umumnya selaku mahasiswa serta dapat menjadi motivasi untuk memajukan
pendidikan di tempat kerja masing-masing.
Ambarawa, 6 November 2016
Mahasiswa
ANDI SATRIO
NIM. 836066831
ii
DAFTAR ISI
HALAMAN
JUDUL..............................................................................................i
KATA PENGANTAR...........................................................................................ii
DAFTAR ISI........................................................................................................iii
TEMA : KEBUTUHAN MAKHLUK HIDUP
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Terpadu........................................................1
Soal
siswa..............................................................................................................4
Bahan pembelajaran...............................................................................................5
APKG 1................................................................................................................12
APKG
2............................................................................................................... 16
PENUTUP.............................................................................................................20
RENCANA
PEMBELAJARAN TERPADU
KELAS 3 TEMA
KEBUTUHAN MAKHLUK HIDUP
IDENTITAS MATA PELAJARAN
Mata
pelajaran : 1. IPA
2. IPS
3. MTK
Tema :
Kebutuhan makhluk hidup
Kelas/semester : 3/1
Waktu : 3 X 35 menit (1 kali
pertemuan)
I.
STANDAR
KOMPETENSI
IPA : Mengidentifikasi kebutuhan
makhluk hidup
IPS :
Mengidentifikasi tempat jual beli di sekolah dan lingkungan sekitar.
MTK :
Memahami cara menghitung penjumlahan mengenai jual beli
II.
KOMPETENSI
DASAR
IPA : Siswa
dapat menjelaskan kebutuhan makhluk hidup selain makan.
IPS :
Siswa dapat mengetahui penjualan dan pembelian makanan di lingkungan rumah dan
sekolah
MTK :
Siswa dapat mengetahui cara menghitung taaksiran jumlah harga yang dijual dan
dibeli
III.
INDIKATOR
IPA :
Mengetahui berbagai kebutuhan manusia, hewan, dan tumbuhan untuk
mempertahankan hidupnya
1
IPS : Mampu memhami kegiatan jual beli
dilingkungan sekolah dan rumah
MTK :
Menaksir
jumlah harga dari sekelompok barang yang biasa dibeli atau dijual sehari-hari
IV.
POKOK MATERI
·
Kebutuhan makhluk hidup
·
Jual beli dilingkungan rumah dan sekolah
·
Menaksir jumlah harga yang dibeli atau dijual
V.
MEDIA DAN
SUMBER BELAJAR
·
Buku teks siswa (ipa, mtk, dan ips)
·
Kurikulum mata pelajaran ( ipa, mtk, ips)
VI.
METODE
PEMBELAJARAN
·
Informasi
·
Diskusi
·
Penugasan
VII.
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
A . Kegiatan Awal/Pendahuluan
·
Mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama dan
keyakinan masing-masing
·
Mengabsensi kehadiran siswa
·
Menanyakan para siswa apakah sudah makan pagi atau
belum.
·
Mengajak siswa agar setiap pagi kita harus makan
karena itu penting untuk diri kita.
·
Mengajak siswa agar mengetahui bahwa kebutuhan makhluk
hidup yang terpenting adalah makan.
2
·
Memotivasi siswa untuk mengikuti kegiatan pembelajaran
dengan sungguh-sungguh
·
Menginformasikan bahwa tema hari ini tentang (Kebutuhan makhluk hidup)
B. Kegiatan
Inti
1. Guru
menanyakan kepada siswa apa yang tadi pagi dimakan
2. Siswa
memberikan jawaban tentang makanan yang di konsumsi tadi pagi .
3. Guru
menjelaskan yang terkandung dari makanan yang siswa makan pagi hari dan
memberikan penjelasan bahwa makhluk hidup membutuhkan makanan.
4. Meminta
siswa untuk menyebutkan apa saja yang kita butuhkan selain makan.
5. Guru
menjelaskan kebutuhan makhluk hidup selain makan.
6. Guru
menanyakan kembali kepada murid, dimanakah kita bisa membeli makanan untuk kita
makan.
7. Guru
menjelaskan jual beli yang terdapat di sekolah dan lingkungan sekitar.
8. Guru
menjelaskan tentang penjumlahan uang yang diberikan saat membeli atau menjual
suatu barang.
C. Kegiatan
Akhir/Penutup
1. Bersama-sama siswa menyimpulkan hasil belajar sesuai dengan hasil
klarifikasi
2. Bertanya jawab lisan untuk mengetahui penguasaan materi yang telah
dipelajari selama pembelajaran (evaluasi hasil belajar)
3. Mengumpulkan jawaban
siswa mengenai kebutuhan makhluk hidup
4. Mengajak
semua siswa berdoa untuk mengakhiri pelajaran
3
VIII. EVALUASI
Penilaian siswa
1.
Prosedur Penilaian
Penilaian proses
Post Tes
2.
Jenis tes
Tes tertulis
3.
Bentuk tes
Isian singkat
4.
Alat penilaian
LKS
SOAL
A.
MTK
1.
Ali membeli 3 telur seharga Rp 6.000 , dia juga
memebeli beras 1 kg seharga Rp 10.000. berapakah yang harus dibayar ali?
2.
Arya membeli 1 kg terigu seharga Rp 12.000, dia juga
membeli 1 kg bawang merah seharga Rp 20.000. berapakah yang harus dibayar arya?
B.
IPA
1.
Sebutkan apa saja yang diperlukan makhluk hidup selain
membutuhkan makanan?
C.
IPS
1.
Sebutkan tempat jual beli yang terdapat di lingkungan
sekitar rumah?
KUNCI
JAWABAN
A.
MTK
1.
Rp 16.000
2.
Rp 32.000
B.
IPA
1.
Bernafas, tempat hidup, air, cahaya matahari,
C.
IPS
1.
Pasar, warung, toko
BAHAN PEMBELAJARAN
MATA PELAJARAN TERPADU KELAS 3
SEMESTER 1
TEMA : KEBUTUHAN MAKHLUK HIDUP
1.
ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA)
Untuk melakukan kegiatan-kegiatan
tersebut tentu membutuhkan penunjang. Beberapa kebutuhan manusia dan hewan
telah kamu pelajari, yaitu membutuhkan makan, air, udara, dan tempat tinggal.
Sedangkan tumbuhan selain perlu makanan, udara, air, dan tempat hidup juga
memerlukan sinar matahari. Makhluk hidup perlu memenuhi kebutuhannya untuk
kelangsungan hidup.
1. Membutuhkan Makanan
Apa yang terjadi jika sehari tidak
makan? Tubuh merasa lemah
bukan? Manusia dan hewan memerlukan
makanan sebagai sumber
tenaga, pertumbuhan, dan mengganti
sel-sel tubuh yang rusak. Manusia
memperoleh sumber makanan dari
tumbuh-tumbuhan dan hewan.
Manusia menyediakan sumber makanan
dengan cara budi daya, misalnya menanam padi, sayur dan buah-buahan. Selain
itu, manusia juga memelihara hewan (beternak) untuk memperoleh daging, susu, dan
telur. Makanan merupakan kebutuhan pokok, sehingga tidak boleh tidak harus
dipenuhi. Hewan
juga membutuhkan makanan. Hewan memperoleh makanan dari tumbuh-tumbuhan dan
dari hewan. Semua makanan hewan sangat bergantung pada alam. Mereka tidak dapat
berusaha sendiri. Jika makanan di alam melimpah, hewan dapat tumbuh dan
berkembang biak dengan baik. Sebaliknya, jika sumber makanan di alam berkurang,
hewan akan mengalami kelaparan. Sebagai makhluk hidup, tumbuhan juga memerlukan
makanan. Sumber makanan tumbuhan berada di dalam tanah,
yaitu berupa zat-zat mineral. Oleh karena itu,
tanah harus dipupuk agar tumbuhan dapat tumbuh subur.
2. Membutuhkan Air
Apa yang terjadi jika di sekitarmu
tidak ada air? Kita akan kesulitan untuk mandi, mencuci, dan memasak. Kita juga
akan kehausan karena tidak ada air minum. Makhluk hidup tidak dapat bertahan
hidup tanpa air. Manusia,
hewan, dan tumbuhan pasti membutuhkan
air. Air digunakan manusia untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Hewan membutuhkan
air untuk minum, mandi, dan sebagai tempat tinggal bagi beberapa jenis hewan.
Tumbuhan juga membutuhkan air. Air
bagi tumbuhan berguna untuk
menyegarkan tubuh dan melarutkan zat
makanan agar mudah diangkut ke
seluruh bagian tumbuhan.
3. Membutuhkan Udara
Udara juga merupakan kebutuhan pokok.
Dalam udara terdapat oksigen yang berguna untuk pernapasan makhluk hidup. Untuk
memenuhi kebutuhan oksigen sebenarnya cukup gampang. Makhluk hidup tinggal
bernapas karena udara melimpah. Namun, untuk memperoleh udara makhluk hidup
harus berada pada lingkungannya masing-masing. Manusia hanya dapat bernapas di darat,
sedangkan ikan hanya dapat bernapas di air. Itulah sebabnya, ikan tidak dapat
hidup di darat karena tidak dapat bernapas. Begitu pula manusia agar dapat
bertahan dalam air harus membawa persediaan oksigen dalam tabung. Apakah
tumbuhan memerlukan udara? Tentu saja karena tumbuhan juga bernapas. Untuk
bernapas tumbuhan memerlukan gas (karbon dioksida).
4. Membutuhkan Tempat
Hidup
Masih ingatkah dengan istilah habitat?
Habitat merupakan tempat makhluk hidup berada. Semua makhluk hidup mempunyai
tempat hidup masing-masing. Manusia dan hewan darat hidup di darat, mulai
dataran rendah hingga daerah pegunungan yang tinggi. Sedangkan hewan air hidup
di
sungai, kolam, hingga perairan dalam
seperti laut.Contoh, hewan darat seperti kambing, ayam, sapi.
Tumbuhan yang hidup di air, misalnya teratai, kangkung, dan
eceng gondok. Tumbuhan yang hidup di
daerah kering yaitu kaktus. Sedangkan yang hidup didaerah dingin seperti Kutub
adalah jenis lumut.
5. Membutuhkan Cahaya
Matahari
Cahaya matahari merupakan sumber
tenaga yang paling besar di bumi. Semua makhluk hidup memerlukan cahaya matahari.
Manusia dan hewan sangat membutuhkan cahaya matahari, misalnya sebagai penerangan
dan menghangatkan tubuh. Tumbuhan memerlukan cahaya matahari untuk membuat
makanan. Makanan dari tumbuhan selanjutnya dimanfaatkan oleh manusia dan hewan.
2.
ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS)
A.
JUAL BELI
Setiap hari, ibu Adrian harus
menyediakan makanan. Ibu Adrian memerlukan sayuran. Ia juga memerlukan ikan.
Padahal, keluarga Adrian tidak bertani atau mencari ikan. Bagaimana ibu Adrian
dapat mencukupi kebutuhan makanan untuk keluarganya? Untuk mencukupinya, ibu
Adrian harus membeli barang-barang kebutuhannya. Berbeda dengan tetangga
Adrian. Namanya Bu Manurung. Ia suka berjualan di rumahnya. Ia menjual berbagai
barang kebutuhan sehari-hari. Jadi, ibu Adrian dapat membeli barang
kebutuhannya dari Bu Manurung. Tetangga lain pun suka
berbelanja di sini. Ternyata, manusia
banyak memerlukan barang untuk kebutuhannya. Misalnya, sayuran untuk makan.
Sebenarnya, kita dapat menanam sayuran sendiri. Tahukah kamu apa itu jual beli?
Jual beli adalah kegiatan untuk mendapatkan barang. Barang tersebut harus
ditukar dengan sejumlah uang. Jumlah uangnya sesuai dengan harga barang yang
disepakati penjual dan pembeli. Jadi, dalam jual beli arus ada penjual,
pembeli, barang yang dijual, dan uang. Pembeli akan mendapatkan barang dengan
uangnya. Sementara, penjual akan mendapatkan uang setelah menjual barang
dagangannya.
B.
JUAL BELI DILINGKUNGAN RUMAH
Ibu
Adrian sedang mencuci piring. Akan tetapi sabunnya habis. Ibu Adrian menyuruh
Adrian untuk membelikan sabun. Adrian membeli sabun. Ia membelinya diwarung
yang dekat dengan rumahnya. Ternyata, warung itu memudahkan Adrian dan ibunya.
Adrian dapat membeli barang-barang kebutuhan dari warung. Apakah kamu suka
berbelanja di warung? Adakah tempat bejualan lainnya di sekitar rumahmu? Di
sekitar rumahmu pasti bayak tempat untuk jual beli. Tempat jual beli yang ada
di sekitar rumah dapat membantumu. Kamu dapat membeli barang kebutuhan dari
tempat tersebut. Dengan begitu, kamu tidak harus jauh-jauh berbelanja ke tempat
lain.
1.
KIOS
Kios merupakan tempat
berjualan yang biasanya ada di sekitar rumah. Kios menyediakan berbagai barang
kebutuhan. Berbelanja di kios sangat
mudah. Kamu dapat langsung
dilayani oleh pemiliknya. Kamu tinggal
menyebutkan barang.
Pemilik kios akan mengambilkannya.Setelah itu, kamu dapat memberikan uangnya.
Jika sudah menerima barang, kamu dapat mengucapkan terima kasih.
2.
PASAR
Pasar merupakan tempat
bertemunya penjual dan pembeli dari segala penjuru. Barang yang dijual di pasar
adalah kebutuhan sehari-hari. Misalnya beras, minyak, telur, sayuran,
buah-buahan dan pakaian. Pasar terdiri dari pasar tradisional dan pasar
moderen. Di pasar tradisional biasanya harga barang lebih murah daripada pasar
moderen. Jika kamu belanja di pasar tradisional bisa tawar menawar harga.
Sedangkan di pasar moderen harga barang tidak dapat ditawar lagi. Contoh pasar
tradisional adalah pasar inpres. Contoh pasar moderen adalah swalayan atau
minimarket.
3. SWALAYAN
Swalayan dekat rumah
biasanya dikenal dengan minimarket. Swalayan ini merupakan tempat berbelanja
moderen. Di sini, tersedia berbagai jenis barang. Ada makanan, barang, dan
keperluan rumah tangga lainnya. Di swalayan, kamu tidak dilayani. Kamu dapat
mengambil sendiri barang yang kamu perlukan. Kemudian, membawanya ke kasir
untuk pembayaran. Di swalayan, tiap barang sudah ada harganya. Harga tersebut
tidak bisa ditawar lagi. Swalayan ini pada umumnya berada di perkotaan.
Saat berbelanja, sebaiknya kamu memerhatikan kadaluarsa barang,
khususnya makanan. Kamu
dapat melihatnya dari tanggal kadaluarsa yang tertera pada kemasan suatu
barang.
4. WARUNG
Warung merupakan tempat
jual beli yang paling dekat dengan rumah. Di warung biasanya tersedia barang kebutuhan
sehari-hari. Misalnya, makanan dan bahan makanan yang masih mentah seperti
beras, terigu,
minyak, dan sayuran. Di warung juga tersedia
jajanan, ada jajanan
makanan, ada juga mainan. Tempat jual beli
yang ada di sekitar rumah Selain itu, ada juga warung yang menyediakan makanan
saji. Artinya, warung ini menjual makanan yang sudah dimasak. Misalnya, warung
nasi.
Di warung, kamu dapat
bertransaksi langsung dengan penjual. Kamu akan dilayani oleh penjualnya. Kamu
pun dapat menyerahkan uangnya langsung kepada penjual. Penjual dan pembeli di
warung biasanya lebih akrab.
5. TOKO
Toko merupakan tempat jual
beli yang tempatnya lebih tertutup daripada warung. Ada toko yang menyediakan
berbagai barang. Ada juga toko yang hanya menjual satu jenis barang. Misalnya,
toko alat-alat listrik, toko alat-alat tulis, toko kue, toko pakaian. Di toko,
kamu langsung dilayani penjual atau pelayannya. Kamu tinggal menyebutkan barang
yang kamu perlukan. Kamu juga dapat membayarnya langsung kepada penjualnya.
C.
JUAL BELI DI LINGKUNGAN SEKOLAH
Saat istirahat, Yasmin,
teman Adrian pergi ke kantin. Yasmin akan membeli makanan. Yasmin sudah kenal
dekat dengan penjaga kantin. Yasmin menjadi tidak sungkan lagi membeli makanan
di kantin. Di kantin, Yasmin bertemu dengan teman-teman lain. Mereka juga
membeli makanan dan minuman. Yasmin dan temannya makan dan minum bersama.
Yasmin sedang makan di kantin Kamu juga pasti sering ke kantin sekolah. Ada
tempat berjualan apalagi di sekolahmu? Di sekolah biasanya ada beberapa tempat
berjual beli. Tempat-tempat tersebut di antaranya sebagai berikut
1. KOPERASI SEKOLAH
Koperasi sekolah merupakan
salah satu contoh tempat jual beli yang berada dilingkungan sekolah. Koperasi
sekolah didirikan oleh pihak sekolah. Pengelola koperasi sekolah yaitu guru dan
siswa. Setiap siswa
boleh menjadi anggota koperasi
sekolah. Biasanya koperasi sekolah menyediakan berbagai kebutuhan sekolah. Misalnya,
seragam, sepatu sekolah, perlengkapan pramuka, alat tulis, dan bukubuku bacaan.
Namun, ada juga koperasi sekolah yang menjual makanan ringan. Koperasi sekolah
memudahkan siswa. Para siswa dapat membeli kebutuhan sekolah lebih dekat dan
cepat. Cara berbelanja di koperasi sekolah sama dengan di warung. Kamu langsung
akan dilayani oleh penjagannya.
2. KANTIN SEKOLAH
bertransaksi di kantin
sekolah sama dengan di koperasi sekolah. Akan tetapi, dikantin sekolah biasanya
disediakan tempat duduk. Kantin sekolah menyediakan kebutuhan makanan dan
minuman untuk warga sekolah. Dengan adanya kantin sekolah, siswa-siswa tidak perlu
jajan atau membeli makananan minuman di luar sekolah. Selain itu, kebersihan makanan
dan minuman di kantin sekolah lebih terjaga. Kamu dapat membeli makanan dan
minuman di kantin sekolah. Namun, kamu harus membelinya di luar jam pelajaran
sekolah.
3. PEDAGANG DISEKITAR SEKOLAH
Di sekolah-sekolah,
biasanya ada beberapa pedagang. Pedagang itu berjualan di pinggir-pinggir
sekolah. Barang yang dijualnya berupa makanan, minuman, dan mainan.Makanan yang
tidak ditutup bisa kena debu dan lalat. Selain itu, hati-hati juga makanan dan
minuman yang mengandung pewarna dan pengawet. Makanan seperti itu bisa
membuatmu sakit. Kamu dapat membeli mainan di pedagang mainan.
3.
MATEMATIKA
MENAKSIR JUMLAH HARGA YANG DIBELI
ATAU DIJUAL
Pada hari Minggu Bu Ida pergi ke
swalayan. Ia melihat harga barang
yang dibutuhkannya, yaitu:
• 1 bungkus mi instan Rp 800,00
• 1 botol minyak goreng Rp 5.275,00
Bu Ida lalu membeli 5 bungkus mi instan,
2 botol minyak goreng. Taksirlah berapa harga seluruh belanjaan Bu Ida! Gunakan
pembulatan ke ratusan terdekat!
Penyelesaian:
Diketahui:
Harga 1 bungkus mi instan Rp 800,00,
dibulatkan Rp 800,00
Harga 1 botol minyak goreng Rp 5.275,00,
dibulatkan Rp 5.300,00
Maka:
Taksiran harga 5 bungkus mi instan 5 x
800,00 = Rp 4.000,00
Taksiran harga 2 botol minyak goreng 2 x
5.300,00 = Rp 10.600,00
Taksiran harga semuanya = 4.000,00 +
10.600,00 +
= Rp 14.600,00
Jadi,
taksiran harga seluruh belajaan Bu Ida adalah Rp 14.600,00.
ALAT PENILAIAN
KEMAMPUAN GURU (APKG I)
LEMBAR PENILAIAN
KEMAMPUAN MERENCANAKAN
PEMBELAJARAN TERPADU
1.
NAMA : ANDI SATRIO
2.
NIM :
836066831
3.
TEMPAT MENGAJAR : SDN 1 PANUTAN
4.
KELAS/SEMESTER :
3/1
5.
MATA PELAJARAN :
1. IPA
2. IPS
3. MTK
6.
TEMA :
KEBUTUHAN MAKHLUK HIDUP
7.
WAKTU : 3 X 35 MENIT/ 1 KALI PERTEMUAN
8.
TANGGAL :
6 NOVEMBER 2016
|
BBBBBBBB
PETUNJUK :
Baca dengan cermat rencana
pembelajaran terpadu yang akan
digunakan oleh guru/mahasiswa. Kemudian, nilailah semua aspek yang terdapat dalam rencana tersebut dengan
menggunakan butir penilaian dibawah ini.
1. Menentukan tema, bahan pembelajaran dan merumuskan tujuan/indikator
|
|
||||||||||||||||||
1.1
Kesesuaian tema penghubung dengan kompetensi dasar 3
mata pelajaran
|
12
|
||||||||||||||||||
1.2 Menggunakan
bahan pembelajaran yang sesuai dengan Standar
Isi dan Kompetensi
|
|
||||||||||||||||||
1.3 Merumuskan tujuan/indikator
|
|
||||||||||||||||||
|
|||||||||||||||||||
2. Mengembangkan dan mengorganisasikan materi, media pembelajaran, dan
sumber belajar
|
|||||||||||||||||||
2.1 Mengembangkan dan
mengorganisasikan materi
dari 3 mata pelajaran
|
|
||||||||||||||||||
2.2 Menentukan
dan mengembangkan
alat bantu/ media pembelajaran
|
|
||||||||||||||||||
2.3 Memilih sumber belajar
|
|
||||||||||||||||||
|
|||||||||||||||||||
3.
Merencanakan skenario kegiatan pembelajaran terpadu
|
|||||||||||||||||||
3.1 Menentukan jenis kegiatan pembelajaran terpadu
|
13
|
||||||||||||||||||
3.2 Menyusun langkah-langkah pembelajaran terpadu
|
|
||||||||||||||||||
3.4 Menentukan alokasi waktu pembelajaran terpadu
|
|
||||||||||||||||||
3.5
Menentukan
cara-cara memotivasi
siswa
|
|
||||||||||||||||||
|
|||||||||||||||||||
4. Merancang pengelolaan kelas
|
|||||||||||||||||||
Menentukan
cara-cara pengorganisasian siswa agar dapat berpartisipasi dalam pembelajaran terpadu
|
|
||||||||||||||||||
|
|||||||||||||||||||
5. Merencanakan prosedur, jenis dan menyiapkan alat penilaian
|
|||||||||||||||||||
5.1 Menentukan prosedur dan jenis penilaian
|
|
||||||||||||||||||
5.2 Membuat alat-alat penilaian dan kunci jawaban
|
|
||||||||||||||||||
|
|||||||||||||||||||
6. Tampilan dokumen rencana
pembelajaran terpadu
|
|||||||||||||||||||
6.1 Kebersihan dan kerapian
|
|
||||||||||||||||||
6.2 Penggunaan bahasa tulis
|
|
||||||||||||||||||
|
|||||||||||||||||||
7. Tampilan Lembar Peta Jaring-jaring Tematik
|
|||||||||||||||||||
Kreatifitas tampilan Peta Jaring-jaring Tematik
|
|
||||||||||||||||||
|
Nilai APKG 1 = R
R = A+B+C+D+E+F+G=
R= Rata-rata butir
|
Ambarawa, 6 november 2016
Pengamat
Tutor,
Agus
wahyudi, S.kom, M.T.I
NIP 197905082009021002
ALAT
PENILAIAN KEMAMPUAN GURU (APKG II)
LEMBAR
PENILAIAN KEMAMPUAN
MERENCANAKAN
PEMBELAJARAN TERPADU
1.
NAMA : ANDI SATRIO
2.
NIM : 836066831
3.
ALAMAT SEKOLAH : SDN 1 PANUTAN
4.
KELAS/SEMESTER : 3/1
5.
TEMA : KEBUTUHAN MAKHLUK HIDUP
6.
MATA PELAJARAN : 1. ILMU
PENGETAHUAN ALAM
2. ILMU PENGETAHUAN SOSIAL
3. MATEMATIKA
7.
TANGGAL : 6 NOVEMBER 2016
8.
KELOMPOK BELAJAR : AMBARAWA
9.
UPBJJ-UT : BANDAR LAMPUNG
|
PETUNJUK
1.
Amatilah dengan cermat pembelajaran yang
sedang berlangsung
2.
Pusatkan perhatian anda pada kemampuan
guru dalam mengelola pembelajaran serta dampaknya pada diri siswa.
3.
Nilailah kemampuan guru tersebut dengan
menggunakan butir-butir penilaian dibawah ini.
4.
Khusus untuk butir 3, yaitu
mendemostrasikan kemampuan khusus dalam pembelajaran, pilih salah satu butir
penilaian yang sesuai dengan mata pelajaran yang sedang diajarkan.
1. Melakukan pembelajaran 1 2 3 4 5
a. Melaksanakan
tugas rutin kelas.
b. Memulai
kegiatan pembelajaran.
16
c. Menggunakan
ragam kegiatan
yang sesuai dengan kemampuan
/tujuan/indikator, siswa, situasi dan
lingkungan.
d. Melaksanakan
kegiatan
pembelajaran secara individual,
kelompok atau klasikal.
e. Menggunakan
sumber belajar yang
sesuai dengan kemampuan/tujuan
,siswa, situasi, dan lingkungan.
f. Menggunakan
media belajar
yang sesuai dengan tujuan, siswa
situasi dan lingkungan.
g. Menggunakan
waktu pembelajaran
secara efisien.
h. Mengakhiri
kegiatan pembelajaran
Rata-rata butir
1 = p
2. Mengelola interaksi kelas
a. Menunjukkan
perhatian serta sikap
bersahabat, terbuka dan penuh
pengertian kepada siswa.
b. Memicu
dan memeliharan
keterlibatan siswa.
c. Melakukan
komunikasi secara
Rata-rata butir
2 = Q
17
3. Mendemostrasikan kemampuan
khusus dalam pembelajaran terpadu
untuk 3 mata pembelajaran tertentu
secara bersamaan.
a.
IPA
1. Mendemostrasikan
pembelajaran
ipa melalui pengalaman
langsung.
2. Meningkatakan
keterlibatan siswa
melalui pengalaman langsung.
3. Menampilkan
penguasaan ipa.
Rata-rata butir
3a = R
b.
IPS
1. Mengembangkan
pemahaman
konsep waktu.
2. Mengembangkan
pemahaman
konsep ruang.
3. Mengembangkan
pemahaman
Rata-rata butir
3b = R
c.
MATEMATIKA
1. Menanamkan
konsep matematika
melalui kegiatan manipulatif.
2. Menguasai simbol-simbol
matematika.
18
3. memberikan latihan penggunaan
konsep matematika dalam
Rata-rata 3c = R
4. Melaksanakan penilaian proses dan
a. Melaksanakan
penilaian selama
proses pembelajaran.
b. Melaksanakan
penilaian hasil
Rata-rata butir
4 = S
5. Kesan umum pelaksanaan pembelajaran
a. Peka terhadap kemampuan
berbahasa.
b.
Penampilan guru dalam
c. Keefektifan
pembelajaran terpadu.
Nilai APKG 2 = K
K = P + Q + R + S + T =
5
K = Rata- rata butir |
Ambarawa, 6 november 2016
Teman sejawat,
Anita chatryn riayanti
NIM..................................
19
PENUTUP
Alhamdulilah, saya ucapkan kepada ALLAH SWT yang telah
memberikan kenikmatan yang luar biasa. Karena pada kesempatan ini saya bisa
menyelesaikan tugas (LAPORAN PEMBELAJARAN
TERPADU) untuk memenuhi kegiatan kuliah saya di semester 3 ini.
Kepada bapak Agus wahyudi, S.kom, M.T.I , saya ucapkan
terimakasih karena bimbingan bapak saya bisa menyelesaikan tugas ini dengan
maksimal dan kepada teman-teman sejawat juga yang selalu memberikan semangat
dalam penyelesaian laporan ini.
Jika dalam pembuatan laporan ini masih banyak kekurangan
saya meminta maaf, karena manusia tidak luput dengan dosa dan kepada ALLAH SWT
saya mohon ampun.
Terima kasih.
Ambarawa, 6 november 2016
Tertanda ,
ANDI SATRIO
NIM 836066831
20
Trimakasih, ini sangat membantu untuk pembuatan laporan praktikum pembelajaran terpadu di SD
ReplyDeleteBoleh minta file nya?
ReplyDelete